Achmad Mardiansyah's Journal

manage your knowledge by writing it

Pentingnya nilai IELTS untuk go international…

with 4 comments

Ada yang nanya ke saya:

Maaf sebelumnya kalo mengganggu waktu Mas Achmad, ada sedikit yang mau saya tanyakan tentang kuliah di Australia. Aku ada rencana untuk lanjut kuliah S2 di Australia, untuk kuliah S2 tentang IT.
Jika dengan biaya sendiri, apakah kita harus mempunyai nilai IELTS yang sesuai standar di kampus itu atau bagaimana?

Berikut ini beberapa kegunaan nilai IELTS:

  • Untuk kuliah di negara2 commonwealth (AU, UK, CA, dst). Saat ini, makin banyak universitas di US & eropa yang menerima IELTS sehingga posisi IELTS cukup penting. Di Australia, semua institusi pendidikan disini sepakat menggunakan nilai IELTS international (yang academic) untuk saringan masuknya, tidak peduli siswa dengan beasiswa atau biaya sendiri. kalo nilai IELTSnya jelek, ya ngak bakal bisa kuliah meskipun udah punya dana untuk itu. anda harus ujian IELTS sampai nilainya sesuai standard. selama tidak memenuhi, akan selalu ditolak. hehehehe… :-D nah buat pendaftar yang IELTSnya masih rendah (hehehe), pihak univiersitas akan menawarkan untuk ambil kursus bahasa di uni mereka dimana paket belajar ini biasanya mahal. kalo ngak pinter2 bakal jadi sapi perah karena bisa jadi membayar lebih mahal dari biasanya. contoh: rekan ini.
  • Untuk cari kerja di negara2 commonwealth.  Jika anda sudah dapat visa, dan ingin bekerja, beberapa pekerjaan menuntut nilai IELTS yang cukup. kalo ngak nyampe, ya cari pekerjaan lain.
  • Untuk mendapat permanent resident. Di australia dan beberapa negara lain, Permanent Resident (PR) adalah visa yang dikeluarkan kepada individual dimana terdapat banyak benefits bagi yang pemegangnya. Mendapatkan PR ini adalah idaman para imigran dari seluruh dunia karena:
    • Jangka waktu PR sangat lama, bisa 20 tahun lebih. tentu saja multiple entry.
    • Cari pekerjaan akan lebih mudah karena perusahaan memprioritaskan orang2 dengan PR. Emang udah begitu undang2nya. jadi kalo ngak punya skill tertentu dimana jarang dimiliki orang2 disana maka akan susah mendapatkan pekerjaan.
    • kalo punya PR, akan dapat keringanan biaya dari government.
    • kalo punya PR akan dapat baby bonus.
    • dan lain2…

    Australia, & UK menerapkan system point untuk mendapatkan PR. jadi anda harus punya sejumlah point tertentu agar aplikasi PR disetujui. contoh kalkulasi point ada disini. nah nilai IELTS sangat-sangat membantu meningkatkan point anda, asalkan punya nilai IELTS score 8 dimana band tiap section tidak kurang dari 7, maka itu sudah bagus banget. nah, a million dollar question adalah: mampukah anda mendapatkan IELTS score 8? hehehehe :-D

Setelah saya kuliah di Australia & sebelumnya bekerja di luar negeri, saya sadar bahwa skill berbahasa adalah memang kunci untuk maju. Orang bisa jadi pintar, cerdas, tertipu, salah paham, dll karena kemampuan berbahasanya. Dunia nyata kan bukan hanya berisi command2 UNIX, atau bahasa pemrogramman toh? hehehe… dalam kehidupan nyata anda dapat berargument, menyatakan tidak setuju, menjelaskan sesuatu, dan juga mengerti apa yang dimaksud orang lain. Sehingga wajar, jika skill bahasa menjadi penting untuk go international.

URL pendek: http://bitly.com/kKyuvg

m4s0n501

4 Responses to 'Pentingnya nilai IELTS untuk go international…'

Subscribe to comments with RSS or TrackBack to 'Pentingnya nilai IELTS untuk go international…'.

  1. Sangat bermanfaat, thanks info-nya :’)

    Rachmat Febrianto

    3 Jul 11 at 07:48

  2. @rachmat: sama2… link diatas juga boleh disebarkan, biar banyak orang indo yang tahu & go international…

  3. whooa Mr ahmad, artikelnta menarik sekali, Sy ingin sekali bisa kerja atau kuliah di Australia.o iya Mr, kalau boleh, ingin minta izin Mr,ingin tau pengalaman waktu yang Mr Ahmad waktu kejar score ielts, ingin sekali dapat tips”nya ^__^,

    nicka`

    21 Jul 12 at 14:15

  4. @nicka:
    tentang pengalaman ikut ujian IELTS, bisa panjang sekali kalau dituliskan disini, mungkin akan ada artikel sendiri untuk itu.

    yang jelas agar nilai IELTS sesuai target, perlu banyak latihan, mau mendengarkan jika diberitahu, dan tidak mudah menyerah.

    semoga membantu yah

    achmad mardiansyah

    21 Jul 12 at 20:54

Leave a Reply

%d bloggers like this: